Rabu, 11 Agustus 2021

BIMBINGAN BELAJAR HMJ PAI 2021

Posted by Hmjpaipekalongan On Agustus 11, 2021 | No comments

Peran Bimbingan Belajar HMJ PAI di TPQ desa Wonorejo dalam Mencerdaskan Kemampuan Spiritual Anak dalam bidang Pendidikan


Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dengan cara mengembangkan suasana belajar yang kondusif dan menumbuhkan kemampuan agar siswa terhindar dari dan atau dapat mengatasi kesulitan belajar yang mungkin dihadapinya sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga bisa mencapai hasil belajar yang optimal.

           


Bimbingan Belajar adalah salah satu kegiatan yang termasuk program kerja dari Departemen Pendidikan HMJ PAI IAIN Pekalongan. Yang mulanya diadakan pada tanggal 7 februari 2021. Dan kini menjadi agenda rutin HMJ PAI setiap minggunya. Pelaksanaan Bimbel HMJ PAI ini dilaksanakan di TPQ desa Wonorejo. Materi yang diajarkan meliputi materi materi keagamaan seperti sholat, puasa, dan materi lainnya yang masih berkaitan dengan materi keagamaan. Anak yang diajar pun berasal dari berbagai usia mulai dari umur 4 tahun hingga 12 tahun. Dan mereka tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

            Adapun pelaksanaannya, kegiatan bimbel berlangsung pada hari Minggu jam  setangah 3 sampai jam 4 sore. Pengurus HMJ PAI datang ketempat kemudian membuka pembelajaran dengan doa setelah itu anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Dengan 1 kelompok terdiri dari 1 tutor. Kemudian masing-masing tutor menyampaikan materi yang diangkat hari itu dengan sedikit diselingi ice breaking yaitu berupa macam-macam tepuk  untuk membuat anak jadi semangat.

            Cara pengajaran materi ke anak pun menyesuiakan usia anak karena tidak semua anak berusia sama. Ada yang berumur 5 tahun yang pegajarannya harus dengan banyak bermain serta bernyanyi. Ada pula yang berumur 7 hingga 10 tahun yang sudah mampu diajarkan materi.

Metode

            Pelaksanaan pembelajaran tidak lepas dari penggunaan metode mengajar. Begitu juga pembelajaran yang berlangsung di bimbingan belajar (bimbel). Mahasiswa berusaha menggunakan metode yang cocok dan dapat menarik perhatian anak. Metode pembelajaran menurut Sutikno (2009) adalah cara-cara menyajikan materi pembelajaran yang dilakukan pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan menurut Sudjana (2005) metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dengan mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran.

            Metode mempunyai kedudukan sebagai alat motivasi ekstrinsik yaitu alat perangsang dari luar yang membangkitkan semangat belajar anak. Metode sebagai strategi pembelajaran yaitu mengatasi kondisi di dalam kelas. Metode sebagai alat untuk mencapai tujuan yaitu metode dapat menunjang proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan alat yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode baik akan gagal jika digunakan oleh pengajar yang kurang kompeten dalam teknik pelaksanaannya. Sebaliknya metode yang kurang baik akan tetapi digunakan oleh pengajar yang kompeten dalam teknik pelaksanaannya bisa dikatakan berhasil. Jadi, keberhasilan pembelajaran tidak tergantung dari metode saja tetapi juga kemampuan pengajar dalam menguasai dan memodifikasi metode tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About